Thursday, February 9, 2012

Posting Script di Blog

Dalam blogging, kadang menginginkan menuliskan script HTML atau java script di posting. Karena dalam penulisan, menghendaki keutuhan tulisan dan kejelasan makna. Judul tulisan yang berisi script ini biasanya yang berhubungan dengan bahasa pemrograman, baik HTML, PHP, Visual Basic, Foxpro, XML, atau yang lainnya. Tapi, ketika meletakkan kode-kode tersebut di dalam postingan di blog baik melalui media tulis langsung (Compose) atau melalui kode (HTML), kode tersebut langsung terbaca sebagai kode program, bukan sebagai teks. Padahal yang dimaksudkan muncul berupa teks biasa.

Untuk menuliskan kode program menjadi teks biasa, ada berbagai cara yang bisa ditempuh. Diantaranya dengan cara mengganti langsung, menggunakan perangkat tambahan atau menuliskan kode program pada HTML decoder. Hal ini tergantung dari keinginan pembaca untuk menentukan mana yang lebih baik dan efisien.
ReplaceMelalui metode Replace atau mengganti langsung merupakan cara yang paling mudah digunakan. Karena dengan cara ini, tidak diwajibkan terkoneksi langsung dengan internet atau menginstall program tambahan. Cara ini bisa digunakan melalui program pengolah kata (Word Processing) langsung – semisal Microsoft Word, OpenOffice, dll-.

Dalam pengolahan kode pemrograman yang diubah menjadi teks biasa sebenarnya hanya mengubah kode tag (<, >) dan tanda petik (“) saja. Sedangkan kode dan karakter yang lain tetap sama. Sehingga dalam metode ini hanya melalui tiga langkah penggantian/ replace. Perubahan kode pengganti adalah :

  • > menjadi &gt;
  • < menjadi &lt;
  • " menjadi &quot;

Penulis contohkan cara mengubah di program Microsoft Word.
  1. Blok teks kode yang akan diubah menjadi kode teks biasa.
  2. Panggillah Replace melalui Ctrl + H atau klik menu Edit – Replace (Office 2003), atau klik Replace di tab Home.
  3. Ketikkan teks yang akan diganti di kolom Replace what dan teks sebagai pengganti di kolom Replace with. Klik tombol Replace All

  4. Jika muncul pertanyaan Word has finished searching the selection. ... replacements were made. Do you want to search the remainder of the document?, klik tombol No. Pemilihan “tidak” karena yang diganti hanyalah yang diblok saja. Sedangkan jika pilih Yes, maka teks di luar yang diblok akan ikut terganti.

  5. Ubahlah kode kedua dan ketiga dengan cara yang sama.
Facebook Comments
0 Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^_^ , Tolong tinggalkan pesan atau komentar agar saya bisa berbenah :) dimohon untuk tidak SPAM dan LIVE LINK di blog saya :)

TERIMAKASIH ^_^