Monday, February 27, 2012

Tips Hemat Berinternet Tips Hemat Berinternet Tips Hemat Berinternet

Situasi saat ini setelah kenaikan harga BBM berimbas pula pada kenaikan harga produk dan jasa. Maka kita seharusnya lebih cermat dalam mengatur pengeluaran. Jika berinternet bagi kamu adalah merupakan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan dan merupakan keharusan, maka hal tersebut tentu perlu di hemat. Nah, penghematan biaya internet ini tidak hanya bisa dilakukan dengan mengurangi durasi atau frekuensi pemakaian saja, tetapi juga bisa disiasati dengan teknik-teknik tertentu. Misalnya saja bagi mereka pengguna internet yang mengandalkan akses CDMA volume based bisa dilakukan dengan mengurangi tampilan gambar, atau menonaktifkan fitur multimedia lainnya pada browser yang digunakan. Jika browsing kamu cuma untuk membaca berita misalnya. Kamu mungkin tak terlalu membutuhkan banyak tampilan gambar-gambar kan?

Berikut ini ada beberapa cara menghemat internet yang bisa dilakukan :

a). Menonaktifkan konten multimedia 
# Bagi kamu pengguna browser Internet Explorer, pilih menu : Tools -> Internet Option -> klik tab Advance. Trus bagian Multimedia hilangkan tanda cek list di beberapa pilihan seperti Show Image, Play Animation, Play Sound dan lainnya yang dianggap tidak terlalu penting.
# Untuk Opera, masuk ke menu : Tools -> Preferences -> pilih tab Advance. Hilangkan cek listnya.
# Untuk Mozile Firefox letaknya ada di Tools -> Option -> pilih ikon Content. Sama hilankan cek list yang tidak diperlukan.
# Untuk Opera Mini (bagi pengguna ponsel). Klik Menu -> Tools -> Settings -> hilangkan cek list pada bagian Load Image dan lainnya yang gak kamu butuhkan.

Dengan begitu, tidak akan banyak file yang terdownload pada halaman web. Tapi mungkin konsekwensinya sedikit membuat kamu tidak nyaman. Nah jika kamu memerlukan konten-konten tersebut, silahkan diaktifkan kembali.

b). Menonaktifkan Download Otomatis
Ada beberapa sofware atau aplikasi di komputer terdapat pilihan download otomatis. Biasanya ini terkait dengan layanan pembaruan (update) yang dibuat oleh pihak pengembang. Contohnya ada diaplikasi antivirus, browser sampai pemutar musik.
Terkadang ketika download otomatis ini aktif tidak disertai dengan pemberitahuan dulu. Sehingga kita tidak sadar ternyata pulsa sudah terpotong banyak. Untuk itu coba perhatikan aplikasi yang ada di PC kamu.

c). Menggunakan Web Accelerator
Kamu bisa menggunakan Google Web Accelerator untuk mempercepat akses internet kamu. Cara ini dapat menghemat biaya internet jika kamu menggunakan sistem pentarifan time besed.
Untuk dapat menggunakan Google Web Accelerator, PC kamu harus bersistem operasi Windows XP atau Windows 2000 atau yang lebih baru dan browser Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Untuk browser lainnya sebenarnya bisa, tapi perlu mengkonfigurasi proxy settings dari browser dengan menambah 127.0.0.1:9100 pada HTTP
Google Web Accelerator ini dapat kamu downloadDari Sini.

Semoga saja dengan cara tersebut diatas kamu semua bisa lebih berhemat.
Facebook Comments
0 Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^_^ , Tolong tinggalkan pesan atau komentar agar saya bisa berbenah :) dimohon untuk tidak SPAM dan LIVE LINK di blog saya :)

TERIMAKASIH ^_^