Tuesday, February 28, 2012

Aplikasi HP Gratis (Java): Penghemat Karakter SMS – Costfix

costfix_1
Satu lagi koleksi aplikasi HP berbasis java di blog ini yaitu aplikasi “penghemat karakter SMS – costfix” dan sekali lagi aplikasi buatan orang Indonesia.
Berawal dari sang pembuat costfix, mas Farid Ramadhan berkunjung ke blog ini dan memberikan informasi tentang aplikasi yang dibuat oleh beliau sehingga saya tertarik membuat review-nya.
SMS (short message service) merupakan fasilitas yang paling sering dipakai oleh pengguna HP di Indonesia karena dianggap murah padahal sebenarnya sangat mahal jika dibanding negara lainnya. Untuk SMS operator bisa meraup keuntungan sampai 300-an% dikarenakan biaya produksi yang dikeluarkan hanya Rp 50-80. Disisi lain jumlah karakter yang disediakan juga hanya 160 karakter oleh karena itu sayang sekali jika kita harus menambah 1 kalimat, 1 kata, atau 1 huruf sehingga kita harus membayar 2 SMS pada sekali pengiriman.
Nah solusinya ada aplikasi dari mas Farid yang berfungsi menghemat karakter SMS sampai dengan 25% (bisa sampai 202 karakter).
Kata mas Farid ide pembuatan aplikasi untuk SMS murah berawal dari Indosat Wireless Contest (IWC 2007), disitu dilombakan tentang bagaimana membuat aplikasi yang bernilai ekonomis salah satu judul yang dilombakan yaitu meningkatkan jumlah karakter SMS, tapi saat itu otak masih blank tidak terpikir bagaimana cara membuatnya. Masih kata mas Farid: ‘Waktu kuliah Nirkabel (semester pendek bulan agustus 2007) nyoba-nyoba bikin aplikasi HP untuk kirim SMS pake J2ME ternyata di java memiliki 2 metode pengiriman SMS yaitu: TextMessage dan BinaryMessage, yup dari sini nyoba utak-atik gimana kalo smsnya dikompres jadi bit-bit yang lebih pendek (konsepnya algoritma Huffman). ternyata bisAAAA! sueneng saat itu aku, apa aku ikutan kontes indosat aja ya? setelah konsultasi dengandosen matakuliah mobile online di kampus (notabene dosen ini kemudian jadi dosen pembimbing II TA-ku), keputusannya mending dibikin Tugas Akhir aja,. yup aku terima aja dan statusku mendadak jadi mahasiswa termuda yang ikut Tugas Akhir.’ Wah selamat ya mas.
Kembali ke topik, untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi ini, disediakan pilihan bahasa inggris (default) dan bahasa indonesia. Detail petunjuk pemakaian aplikasi bisa dibaca pada menu help aplikasi.
Syarat:
  • Hanphone yang mendukung Java MIDP 2.0
  • Pengirim dan penerima sama-sama sudah menginstall aplikasi ini
SMS yang diterima akan masuk inbox seperti biasa.
Tipe HP yang telah diuji coba aplikasi dan sukses dijalankan:
Nokia:3250, 6270, 5300, 5500, 5700, 6600, 7610, 3230, N70, N73
Sony Ericsson:W550i, W610i, W950i, W880i, W850i, W660i, K530i, K550i, K618i, K610i,
Motorolla:V3i
Aplikasi ini sudah ada 2 versi 1.0 dan 1.1; replace destination number +62 with 0 dan ukuran file lebih kecil 5KB.
tutorial :
contoh pesan yang akan dikirimkan seperti ini:
Lho dah nyampe ta, ko cepet. Udah cepin aja ke laptop, tungguen satu jam, emang gak ada indikatornya, kalo sejam gak masuk brarti aku salah ngasih kabel. Sharusnya yg tak kasih kabel ces mouse wireless
costfix_3
pada saat mengetik, angka di dalam kurung menandakan jumlah pesan yang akan dikirimkan (gambar kiri), ketika angka ini berubah menjadi 2 akan ditampilkan peringatan yang menandakan status 2 message artinya jika pesan ini dikirimkan biaya yang dikenakan terhitung 2 (gambar tengah), jadi hapus beberapa karakter sampai muncul peringatan 1 message, ini menandakan pesan yang akan dikirimkan terhitung 1 pesan (gambar kanan).
costfix_5
setelah mengetik karakter dilanjutkan dengan menekan tombol continue dan akan ditampilkan form untuk memasukkan no penerima, pengisian no ini bisa dilakukan dengan membaca phone book (gambar kiri), dibawahnya ditampilkan (gambar tengah) Compression info:
Message Sum: jumlah pesan yang akan dikirimkan.
character sum : jumlah karakter yang akan dikirimkan.
compression ratio : prosentase rasio kompresi dihitung dengan rumus : bit_hasil_kompresi/bit_tidak_dikompresi x 100% (tuntutan teknis kuliah informatika).
increase percentage: prosentase peningkatan karakter / banyaknya karakter lebih yang dapat dikirimkan, dihitung dengan rumus: jumlah_karakter_lebih/(160*jumlah_pesan) x 100%
untuk mengirim pesan gunakan tombol send, sesaat kemudian akan ditampilkan info pesan terkirim (gambar kanan) dan otomatis akan kembali ke menu utama.
Kesimpulannya pada contoh kasus di atas, mengirimkan 201 karakter dengan biaya satu kali pengiriman. Jika tidak menggunakan aplikasi ini, untuk mengirimkan 201 karakter pada aplikasi bawaan HP akan dikenakan biaya 2 kali pengiriman, karena maksimal hanya 160 karakter lebih dari itu akan dikenakan biaya 2 kali lipat. (hasil kompresi pada contoh di atas tidak selalu sama / berubah-ubah tergantung model karakter yang diketikkan) untuk mendapatkan hasil kompresi yang maksimal gunakan kata-kata pada menu tips dan biasakan menulis dengan huruf kecil.
Download:costfix.jar (33KB)
Platform:Java (J2ME)
Code Name:Costfix
Version:1.1
Type:Freeware
Release:21-12-2007

Facebook Comments
0 Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^_^ , Tolong tinggalkan pesan atau komentar agar saya bisa berbenah :) dimohon untuk tidak SPAM dan LIVE LINK di blog saya :)

TERIMAKASIH ^_^