Monday, February 27, 2012

Aplikasi Edit Teks di Ponsel

Tentu kita punya banyak data yang tersimpan berupa teks (word atau txt) semisal tugas makalah, notulen atau surat pribadi. Untuk mengedit file teks ini biasanya sieh dibutuhkan perangkat komputer. Bagi yang punya laptop/PC memang gak masalah. Tapi bagaimana jika cuma punya ponsel? Tenang, kamu masih bisa kok. Selain menggunakan Quick Ofice, Bagi kamu pemilik ponsel symbian 3rd edition ada alternatifnya. Gunakan aja aplikasi editor teks gratis bernama "Light Notepad".
Aplikasi ini mampu menjalankan tugas editor layaknya kamu menggunakan MS. Word di komputer. Fasilitas copy, paste, pencarian kata (search) hingga save as tersedia. Program teks yang di dukung yakni format ASCII dan Unicode (16 bit). Kelebihan lainnya adalah mendukung mode landscape, potrait sampai merubah ukuran teks.

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :
a). Download aplikasi Light Notepad [Dari Sini]. Trus transfer ke ponsel lewat sarana koneksi ponsel, kemudian diinstal.
b). Jalankan aplikasinya. Buka file word (txt) yang ingin diedit. Bila sudah klik select. Nah, file teks tadi akan terbuka.
c). Kini kamu bisa mulai mengedit teks. Untuk menghapus gunakan clear (C). Disinipun kamu bisa melakukan copy paste.
d). Untuk memperbesar tampilan teks (zoom), masuk ke Options -> Zoom -> pilih. 
Jika didalam teks kamu bermaksud mencari kata tertentu maka pilih options -> edit -> find. Bila ingin mengubah setingan tampilan teks di layar ponsel, pilih options -> setings -> pilih 
e). Jika berniat menyimpan file hasil editan dengan nama lain, di pilihan options -> file -> save as... beri nama sesuai selera. Untuk sebatas menyimpan hasil editan, cukup klik save. 

Cukup sederhana kan? Tipi ingat, aplikasi ini hanya bisa mengedit file word/teks yang berukuran kurang dari 200 kb. Jikalau lebih maka light notepad sebatas sebagai viewer alias jenis read only.
Facebook Comments
0 Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^_^ , Tolong tinggalkan pesan atau komentar agar saya bisa berbenah :) dimohon untuk tidak SPAM dan LIVE LINK di blog saya :)

TERIMAKASIH ^_^