Monday, February 27, 2012

Edit Ringtone Langsung di Ponsel


Masih ingat kan perkembangan teknologi ringstone di ponsel? Generasi awal ringtone hanya mendukung ringtone monoponic. Itu dulu sudah termasuk bagus. Setelah itu, format ringtone dikembangkan menjadi bentuk polyphonic dengan format MIDI.
Sekarang ini, kedua teknologi itu hampir tenggelam karena ponsel masa kini sudah didukung dengan format suara asli atau istilah kerennya itu truetones semisal MP3, WAV, atau format digital lainnya.
Konsekuensinya, format truetones membutuhkan penyimpanan yang lebih ekstra. Dengan kata lain, jika ingin mengoleksi banyak truetones, maka kita perlu menyiapkan memori yang cukup besar.
Meskipun demikian, langkah untuk penghematan ruang penyimpanan tetap bisa dilakukan. Kita bisa menyiasatinya dengan memotong bagian lagu atau musik yang akan dijadikan nada dering. Kini, sudah banyak tersedia aplikasi semisal converter/editor yang kamu instal di PC untuk melakukan hal tersebut. Namun, jika kamu tak punya PC, cara ini bisa lebih mudah karena bisa dilakukan langsung di ponsel. Apalagi aplikasinya juga gratis.
Ikuti langkah berikut :
a). Download dan pasang aplikasi MP3 Ringtone Editor. Kamu bisa download disini. atau bisa cari di forum www.imserba.com Aplikasi ini berbasis java (J2ME)
b). Pilih file MP3 yang ada diponselmu. Pilih menu 'Option', kemudian 'Add Track'. Untuk memulai memotong pilih ikon bergambar gunting. Disitu terdapat juga tombol untuk memutar, menghentikan, mempercepat atau memperlambat lagu. Kamu bisa menentukan seberapa lama durasi yang diinginkan.
c). Setelah selesai tekan 'Option' pilih 'Save'. Tentukan folder tujuan tempat penyimpanan file. Selanjutnya proses pemotongan akan berjalan. Sampai disini file kamu sudah berhasil memotong durasi MP3 dan bisa menghemat space memori.
Facebook Comments
0 Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^_^ , Tolong tinggalkan pesan atau komentar agar saya bisa berbenah :) dimohon untuk tidak SPAM dan LIVE LINK di blog saya :)

TERIMAKASIH ^_^