Friday, February 24, 2012

Cara Mengatasi Masalah Tidak Dapat Memasang Aplikasi Java di E63

Inilah masalah yang dulu juga pernah di alami teman saya, sebut saja sobatVandlin. Nokia E63_nya sempat tidak bisa menginstall aplikasi-aplikasi java. Waktu itu saya juga tidak bisa berbuat banyak dan berbagai saran yang saya dapat dari beberapa sobat MWB juga tidak dapat menyelesaikan masalah. Itulah susahnya kalau kita tidak megang langsung ponsel yang bermasalah. Heee.... Tapi syukurnya E63 dia sudah bisa menginstall aplikasi java lagi meski tidak di apa-apai. Hee... (viss....)

Masalah ini timbul tidak lain karena bongkar pasang aplikasi java. Maklum permintaan gretongan ponsel java akhir-akhir ini mulai semakin meningkat. Hee.... Bukannya bisa memenuhi permintaan eh malah ane yang dapat masalah baru. Gakgak....

Selepas kerja niatnya sich mau istirahat dan makan siang sebentar sambil ngopi buat melapas lelah sebelum nanti menyambung kerja lagi. Maklum sobat adminnya ngeblog sambil nguli...
Sambil santai, ane ambil Nokia E63 kesayangan ane dan memuai browsing. Dan setelah melihat beberapa koment pengunjung yang request gretongan ponsel java, seketika itu juga inspirasi ku tertumpah untuk membedah OperaMini Java. Ane buka aplikasi JARBoom yang biasa ane pakai buat pack dan unpack file jar.
Pertama ane edit server opera buat gretongan SC M3, setelah ane install alhamdulillah hasilnya memuaskan. Karena bisa konek dengan pulsa ane yang cuma Rp.2.
Kedua untuk SC T-Sel dan hasilnya juga memuaskan. Tapi pas giliran SC XL selalu saja gagal konek sehingga ane harus edit ulang, install dan uninstall beberapa kali. Sampai akhirnya keluar pemberitauan seperti ini.

Terjadi kesalahan yang tidak dapat tertangani, tutup aplikasi sekarang. Ya atau Tidak.

Tanpa pikir panjgang ane masuk ke manajer aplikasi untuk menghapus Opera tersebut tapi malah tidak bisa. Dan HP ane seketika itu juga mulai BLANK...
Tapi seakan tidak putus asa ane coba edit lagi dan install ulang. Tapi setelah pemasangan kira2 hampir selesai eh malah keluar permberitahuan seperti ini:
Tidak dapat memasang...!!

Duh emang nasib lagi apes, ada-ada saja masalah yang mendera. Inilah derita ku, apa derita mu. Hiks..hiks....
Cerita yang dramatis bukan...!!!

Dengan hati yang mulai kesal ane coba untuk putar otak dan mulai untuk menyelesaikan masalah.
Pertama ane cabut MMC ane dan ane coba install beberpa aplikasi java dan hasilnya tetap sama, yaitu tidak dapat memasang. Ane kira MMC ane yang bermasalah ternyata tidak.
Selanjutnya ane coba lagi cara lain.

Cara ini cuma kira-kira saja.
- Yaitu dengan mengaktifkan Open4All di ROMPatcher.
- Ane hapus file DBS_10207216_SWInstLog.db yang berisi catatan Log penginstall aplikasi di C:\Private\100012A5\DBS_10207216_SWInstLog.db.
- Ane hapus semua file jar yang ada di folder C dan E:\102033E6\MIDlets\disini.

Ingat cuma file yang ada di dalam folder MIDlets yang di hapus
. Lalu ane coba lagi meninstall aplikasi java dan hasilnya masih sama, alias tidak bisa memasang. Huhh...

Dengan hati yang kesal ane matikan HP ane dan ane tinggal nguli lagi.

Tapi karena hati penasaran di sela-sela waktu kerja ane ambil lagi HP ane dan ane hidupkan kembali. Install ulang kembali aplikasi java yang tadinya tidak bisa di pasang, dan alhamdulillah meski menunggu penginstallan yang lumayan lama akhirnya HP kesayangan ku bisa lagi meninstall aplikasi java. Hee....
Dan opera gretongan untukSC XL juga sudah selesai. Jadi tinggal di publishkan saja nanti OperaMininya. Hee...
Panjang juga ya sob ceritanya. Wwkkwkwk.....(lebay)

Jadi inti langkah kerjanya kurang lebih seperti ini:

- Aktifkan Open4All di ROMPatcher.

- Hapus file DBS_10207216_SWInstLog.db yang berisi catatan Log penginstall aplikasi di C:\Private\100012A5\DBS_10207216_SWInstLog.db.

- Hapus semua file jar yang ada di folder C dan E:\102033E6\MIDlets\disini.

- Reboot/matikan ponsel.


Kejadian seperti ini mungkin jarang sekali terjadi, tapi tidak ada salahnya kita tahu sebelum menemuinya. Heeee...


Semoga bermanfaat....
Facebook Comments
0 Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^_^ , Tolong tinggalkan pesan atau komentar agar saya bisa berbenah :) dimohon untuk tidak SPAM dan LIVE LINK di blog saya :)

TERIMAKASIH ^_^