Friday, March 16, 2012

Cara Mengetahui Website yang Kita Kunjungi Aman

Keamanan ketika mengunjungi (surfing) sebuah website kadang tidak begitu banyak kita perhatikan. Padahal tidak sedikit website yang “berbahaya” ketika di kunjungi, entah itu karena menyertakan spyware, spam, malware ( virus, trojan, adware dan lainnya) sampai bahkan untuk mencuri data penting di komputer kita. Bagaimana kita mengetest sebuah website yang akan kita kunjungi aman ?

Misalnya ketika membaca salah satu artikel tentang security di techsupportalert ,  ketika melakukan pencarian dari google dengan kata “screensaver”, ditemukan bahwa 7 dari 10 link (70%) mendapatkan rating “berbahaya” atau mendapatkan peringatan (warning), bahkan ketika mencari dengan kata “Free screensaver”, 80% hasilnya dikategorikan sebagai website yang berbahaya atau harus diwaspadai.
McAfee pun juga telah melakukan penelitian, dan membuat daftar pencarian kata yang menghasilkan website-website yang harus diwaspadai .Beberapa contoh kata pencarian yang mempunyai resiko menghasilkan website berbahaya bisa dilihat dari gambar berikut :
 
Untuk mengetahui tingkat keamanan website, tidak jarang vendor security menawarkan kita untuk menginstall software atau plugins untuk web browser, misalnya SiteAdvisor software (dari McAfee), AVG Link Scanner , LinkExtend , Norton Safe Web Lite ,BrowserDefender  dan lainnya. Meskipun software ini sangat membantu, tetapi terkadang ini memperlambat proses browsing, karena setiap saat harus melakukan pengecekan terlebih da
Facebook Comments
0 Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^_^ , Tolong tinggalkan pesan atau komentar agar saya bisa berbenah :) dimohon untuk tidak SPAM dan LIVE LINK di blog saya :)

TERIMAKASIH ^_^