Friday, March 30, 2012

Kenali Dan Rakit Danbo Buatanmu!


Pernah liat boneka kardus seperti poto di atas? ya, mungkin sebagian besar sudah pada tahu kalau boneka kardus itu namanya adalah Danbo. Belakangan ini Danbo menjadi seperti fenomena baru di dunia social network, microblogger, bahkan massenger.
Poto boneka kardus itu banyak berseliweran di Facebook, Twitter, BBM, YM, dll. Sebagian orang memposting poto Danbo untuk mewakili perasaan mereka. Kalau lagi jatuh cinta yang di pasang adalah poto Danbo lagi pegang tulisan “I love you”, kalau lagi kangen yang dipasang poto Danbo lagi sedih, kalau lagi kesepian lagi-lagi poto Danbo yang dipajang. Jadi saya bisa bilang kalau Danbo adalah Boneka kardus Galau(Hehehe.. )
Bagi yang belum tahu apa itu Danbo?. Baiklah, terlebih dahulu saya perkenalkan Danbo kepada anda. Danbo adalah kependekan dari Danboard, atau dalam bahasa jepang disebut “Danboru” yang artinya kertas karton. Dibuat dari kertas karton board. Boneka ini adalah kreasi dari Azuma Kiyohiko seorang komikus serial manga Yotsuba. Bentuk boneka ini sangat unik, yaitu action figure dengan penampilan seperti manusia dengan ukuran mini 7 cm dan 13 cm. Siapa pun pasti akan merasa gemas ketika melihat si Danbo ini. Bagaimana tidak Danbo dapat digerakkan secara manual dan dibentuk dengan berbagai macam gaya unik.
Perusahaan yang membuatnya menggunakan teknologi tinggi di setiap persendian boneka ini sehingga membuatnya mampu bergerak luwes. Ekspresi dari si kardus imut ini menjadi daya tarik utama. Danbo sendiri di jepang dijual dengan harga mulai dari 5000 yen atau sekitar Rp. 500.000 per-Danbonya. Dalam serial manganya Danbo mungil ini dapat bergerak ketika ada koin yang dimasukan kedalam mulutnya.
Bagi sebagian orang yang ingin memiliki Danbo, harga Rp 200.000 hingga Rp. 500.000 merupakan harga yang terlalu mahal untuk ukuran boneka kertas karton. (Kalau saya duit sebanyak itu mending dipakai untuk  makan ayam pop selama 1 bulan! hehehe.. ). Tapi jangan takut, kalau tidak bisa atau tepatnya tidak mau merogoh kocek sebanyak itu untuk sebuah boneka kertas ini, maka kita bisa membuat sendiri Danbo menggunakan bahan-bahan yang harganya jauh lebih terjangkau.
Karena saya orangnya baik hati, tidak sombong, gemar menabung, hafal Pancasila dan rajin membantu nenek nyebarang jalan. Oke! saya kasih tahu cara-cara untuk buat Danbo versi kita sendiri. Begini langkah-langkahnya:
Perlengkapan dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Danbo antara lain.
  1. Kertas karton atau kertas “drawing paper” atau kertas papercraft. Kalau yang pernah saya coba, saya pakai Drawing Paper yang biasa saya pakai untuk membuat Papercraft.
  2. Gunting
  3. Cutter
  4. Lem kertas (tergantung dari tebal kertasnya, kalau kertasnya tebal saya anjurkan untuk pakai Lem UHU)
  5. Tangan yang bersih (jangan lupa cuci tangan dulu, sebelum nyentuh si Danbonya )
Setelah bahan-bahan yang diperlukan tadi sudah tersedia, berikutnya yang harus dilakukan adalah :
  1. Download Sketch papercraft Danbo di sini. / Password : chocobo
  2. Di situ ada 2 folder. cpaper buat bahan kertas karton, atau cprint kalau yang dipakai kertas putih.
  3. Setelah di download, print sketch tersebut di kertas.
  4. Langkah berikutnya adalah merakit Danbo berdasarkan sketch yang sudah disiapkan sebelumnya.
Berikut tutorialnya, kalian bisa ikuti sesuai petunjuk dibawah ini.

Ini versi besarnya => Disini. Ini dia Danbo Rakitan saya!
Facebook Comments
0 Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^_^ , Tolong tinggalkan pesan atau komentar agar saya bisa berbenah :) dimohon untuk tidak SPAM dan LIVE LINK di blog saya :)

TERIMAKASIH ^_^