Thursday, April 12, 2012

Cara Mendisable Klik Kanan & CTRL+U pada Keyboard

Cara/setting untuk mematikan/menon-aktifkan klik kanan dan block/select isi blog dan penekanan select Ctrl-A bisa pake script yang belibet, maupun memanfaatkan fungsi-fungsi html itu sendiri yang sangat simpel.

Fungsi-fungsi ini berguna jika si empunya blog tidak menginginkan blognya dikopi paste secara gampangan tanpa minta ijin, alias tulisan postingan kita tidak mudah dikopi paste. Walaupun dengan usaha/cara trik-trik lain bisa membuka/memblok/mengkopi-paste isi blog juga. Tapi cara dibawah, lumayanlah bisa mengurangi tindakan korupsi eeeh... kopi-paste. Penjelasan Fungsi html yang dipakai :

oncontextmenu='return false;'
adalah untuk mematikan menu klik kanan
onkeydown='return false;'
adalah untuk mematikan tombol/keyboard Ctrl-A, Ctrl-U (page source) dan tombol keyboard lainnya eeeh... kalo ngelihat page source dari menu masih kok. Cara melihat page source pada web/blog yang mematikan fungsi klik kanan mouse, klik kiri mouse dan penekanan keyboard (Ctrl+A, Ctrl+U) adalah : jika pakai firefox, buka menu View, lalu pilih Page Source (Ctrl+U). Hasilnya adalah tulisan postingan dalam 1 baris panjaaaaang. Cari aja postingannya ndiri...
onmousedown='return false;'
adalah untuk mematikan klik select mouse
'return false'
adalah untuk mematikan fungsi yang diinginkan

Cara men-disable klik kanan dan CTRL+U pada keyboard

Masuk ke edit html
Cari <body>
Gantikan kode tersebut dengan kode dibawah ini
<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>
Anda bisa memilih 1 fungsi aja atau 2 fungsi atau ketiga-tiganya, terserah deh... anda yang punya blog kok.

Untuk melihat hasilnya dari penggunaan 3 fungsi di atas :
kunjungi DISINI
Facebook Comments
0 Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^_^ , Tolong tinggalkan pesan atau komentar agar saya bisa berbenah :) dimohon untuk tidak SPAM dan LIVE LINK di blog saya :)

TERIMAKASIH ^_^