Wednesday, April 18, 2012

Buat Sticker/Skotlet Motor Sendiri + tutorial

            
Awalnya, pas beli motor seken Kawak Athlete, stripping/decal nya dah dilepas sama yang punya sebelumnya sehingga polos tanpa ada embel embel apapun.Karena kurang sreg, ane coba buat sendiri (mungkin masih kurang bagus daripada stiker yang dijual di toko). dengan bermodal Kertas sticker khusus motor yang banyak dijual di kaki lima/pinggir jalan penjual aksesoris motor, PC/Laptop, Microsoft Office Word, Printer dengan fitur mirroring print/Iron-on. Untuk kertas stiker ane beli 1 meter Rp. 20.000, lalu fontnya dari situs ini , ini , atau ini atau download aja nih  yang dah ane kumpulin jadi satu, kalo gak ada yang cocok, download aja di link situs tadi
Sebelum 

Sesudah  (LOL, ada bunga di background/tempat parkir )


well, begini cara membuatnya:
- Ambil kertas A4 lalu gunting kertas stiker seukuran kertas A4
ini bukan stiker tamiya , ini  bagian belakang stiker, ngeprintnya nanti di sini, bukan di bagian depannya yang berwarna

- Instal fontnya, caranya kopi file2 font (berekstensi .ttf) ke folder C:\Windows\Fonts
instal fontnya dulu

- Buka MS Office word (ane gunain Offcie 2007, 2003 gak masalah kok, bisa)
- Ketik apa saja terserah agan2
ketik terus pilih tipe fontnya

- Blok tulisannya lalu pilih type font, ukuran dan Stylenya (Bold, Italic, Underline) atau style advanced, klik kanan di font yang diblok -> pilih fon lalu pilih style sesuai selera, misal shadow
Ubah Stylenya

- Letakkan kertas Stiker terbalik (bagian belakangnya yang diprint, bukan bagian depannya) di Printer
- Lalu pilih Print -> Printer properties -> cari opsi print terbalik horizontal (di printer ane nama fiturnyaIron-on transfer, karena metodenya kayak bikin sablon, yaitu tercetak terbalik, sehingga pas nanti di tempel posisinya benar)
Print Terbalik secara horizontal (mirroring, tiap printer mungkin beda nama fiturnya)

Notes: kalo printer gak ada fitur mirroring dibuat terbalik dengan photoshop aja font/gambarnya, trus printnya normal

- nah, itu untuk font, kalo gambar, salah satu gambarnya dibuat flip horizontal, bisa gunain photoscape photoshop, atau GIMP, lalu insert di word, terus metode printnya biasa, cuma kertas tetap terbalik di printer

- Gunting/Cutter Sesuai kontur tulisan/gambar
- Terakhir tinggal ditempel di bagian motor yang diinginkan deh

notes: 
- tips ini bukan hanya untuk motor aja, yang lain juga bisa :)
- sebaiknya print dulu di kertas biasa buat dapetin seting yang pas (ukuran, type font, and stylenya)
- Kalo kurang puas dengan word, bisa juga dengan Sotoshop atau CorelDraw, sayangnya ane gak mahir tuh 2 program :(

Detil yang ane buat:
- untuk tulisan kawasaki ane gunain font Seven Swordsmen BB, dengan ukuran 82 Italic(miring)
- untuk tulisan Athlete ane gunain font yang digunain di Spiderman 3 n Playstation 3 yaitu FontHomoarakhn dengan ukuran 120
- Untuk tulisan AX di body ane gunain font blazed
- untuk tulisan ax di headlamp ane gunain font magneto
- untuk tulisan jepang (itu dibacanya kawasaki) ane minta bantuan Google Translate (koz ane gak punya keyboard jepang atau gak tahu cara setting keyboard ke format jepang, hehe), trus copas deh di Office Word

note: jika masih gunain WinXP instal dulu bahasa jepang/font jepang, kalo winVista n 7 gak perlu dah bisa langsung dicopas, kalo xp sebelum diinstal terus
dicopas gitu aja bakalan kotak-kotak :P, caranya:

- masukin CD installer WinXP SP berapa aja
- buka Control Panel -> Regional & Language option -> Centang install for  complex... &install.. East Asian Language --> Apply --> Restart

o iya, nih ane iseng-iseng nyoba aplikasiin font ke type motor/merk lain, so, selamat mencoba



2 komentar:

Terimakasih sudah berkunjung ^_^ , Tolong tinggalkan pesan atau komentar agar saya bisa berbenah :) dimohon untuk tidak SPAM dan LIVE LINK di blog saya :)

TERIMAKASIH ^_^