Friday, March 9, 2012

Mengatasi LCD bocor pada smartphone Anda (Kerusakan ringan)

Kalau karena suatu kesialan atau satu hal lain smartphone anda terbentur, terjatuh dan sejenisnya maka biasanya akan terjadi damage entah itu kaca retak atau pecah, handset mati atau apalah atau sering jg LCD mengalami kebocoran (leak). Setangguh apapun handset anda (atau setidaknya begitulah klaim sang vendor) yg namanya LCD adalah barang yg sangat sangat rentan dan ringkih. Jadi meskipun casing didesain untuk tahan benturan atau terjatoh tapi kalau benturannya dalam skala parah, misal jatuh ke aspal dan sampai bouncing (memantul) maka yg rawan rusak adalah LCD. Ciri-ciri LCD yg bocor (leak) biasanya adalah adanya bintik2 biru atau keunguan seperti terkena coretan pena/bolpoin. Tergantung tingkat kerusakan biasanya bintik2 ini sedikit dan lembut bisa jg terlihat banyak dan membentuk pola seperti danau ditengah layar handphone anda tsb. Jikalau masih leak yg ringan (terlihat bintik2 ungu/biru) mungkin cara dibawah ini bisa Anda coba untuk membetulkannya [method was tested and worked OK]
  • Matikan handset kesayangan Anda tsb
  • Buka back cover-nya
  • lepas battery-nya
  • lepas memory card jika ada
  • lepas simcard
  • tutup kembali back cover-nya
  • masukkan kedalam kantung plastik lalu ikat
  • masukkan handset yg terbungkus plastik tsb ke dalam plastik lagi (antisipasi kalau plastik pertama bocor)
  • kemudian masukkan ke dalam freezer. Ingat: FREEZER. Kalau anda buka kulkas nah tuh yg diatas yg buat bikin es batu
  • diamkan selama semalam atau lebih
Liat keesokan harinya maka bintik2 ungu/biru yg mengganggu tsb akan lenyap 98% – 100% dan biasanya permanen. Tentu saja sebelum anda nyalakan lagi handset tsb, pastikan segala sesuatunya kering. Bisa diangin2kan dulu atau gunakan tissue jika ada embun atau basahan disana sini. Metode ini pernah saya temui di bbrp forum, dan pernah saya coba sendiri (pengalaman pribadi) dan hasilnya cukup memuaskan.
Tapi sekali lagi cara ini hanya berguna jika tingkat kebocoran masih tergolong ringan/sedang. Jika sudah berat, yg ditandai dg noda biru atau ungu yg tebal seperti bulatan yg dibikin dg spidol marker atau bahkan mirip cap jempol/sidik jari, atau berbentuk garis2 maka dg sangat menyesal :(saya katakan bahwa cara tsb diatas ga lagi manjur. Satu2nya cara utk mengatasi kerusakan tsb adalah mengganti LCD partnya dg yg baru (kalo disini ga ada, bisa beli dari eBay saja –tergantung tipe handphone nya namun biasanya tidak terlalu mahal dan proses mengganti sendiripun tergolong mudah hanya diperlukan obeng misal T5 atau T1000.. :P eh bukan ding.. T1000 kan seri robot2 terminator dari skynet yg kelak menghancurin bumi kita :D )
OK guys.. memang malang tak dapat ditolak tapi laen kali berhati2lah dg smartphone Anda. Dan jangan terlalu percaya iklan dari vendor bahwa handset tsb kuat, tahan air, tahan banting, tahan peluru, tahan santet, tahan nuklir :D blahblah blaah :D hhehehe namanya jg iklan :P
NOTE: Do it at your own risk. Resiko mencoba cara tsb diatas ditanggung sendiri ya, kalo malah menyebabkan kerusakan lain misal korsleting dan atau yg laen maka itu Anda tanggung sendiri. (tapi ga perlu terlalu paranoid, selama handset terbungkus aman maka dia ga akan kemasukan air sewaktu di dalam freezer)
Cheers!!!! :D

1 komentar:

Terimakasih sudah berkunjung ^_^ , Tolong tinggalkan pesan atau komentar agar saya bisa berbenah :) dimohon untuk tidak SPAM dan LIVE LINK di blog saya :)

TERIMAKASIH ^_^