Saturday, March 3, 2012

Memasang Video Ke Blogger Atau Situs Lainnya

Jika judul posting ini dianggap sebuah pertanyaan, maka jawaban saya ada banyak cara, salah satunya adalah dengan mengupload ke youtube, kemudian salah dua-nya dengan menggunakan fitur yang udah disediakan oleh blogspot, dan yang salah tiganya dengan menggunakan mengupload video tersebut ke hosting milik kita sendiri.

Kalo upload dan meng-embed dari youtube ke blog kita dan upload dengan fitur dari blogspot kayanya ndak perlu penjelasan lebih lanjut deh. salaman InsyaAllah ditempat om guggle dah banyak tersedia penjelasan secara pendek maupun panjangnya. hohohoho

Yang ingin saya bahas di sini adalah cara yang ketiga yaitu dengan menguploadnya kehosting milik kita sendiri dan mengembed-nya ke blog kita.
Hmmm... Hmmm... Agak ribet memang jadi menurut saya, saran saya bagi para blogger mending menggunakan fiturnya youtube aja. Enak gak susah dan gak ribet.

Tapi kalo ada alasan lain sih misalnya nge-buffer di youtube lelet dan perlu mirror di hosting lokal maka cara yang ketiga lebih efektif. Misalnya kaya video yang saya tampilin di postinganhttp://sulae.blogspot.com/2010/09/pidato-soekarno-tentang-malaysia.html, nah itu kan ada dua, yang pertama saya meng-embed langsung dari youtube dan yang kedua saya mirrorin ke hosting punya saya yang server-nya lokal alias iix, jadi bagi IP Indonesia bisa lebih cepet nge-buffernya.

Oke kita mulai tutorialnya:

Upsss... sebentar ini juga ada dua cara, cara yang pertama pake yang manual dan yang kedua pake software. Bedanya adalah kalo manual tampilannya standart banget, sedangkan pake software bisa dimodifikasi tanpa perlu repot mengerti kode-kode yang tidak jelas, bisa juga nampilin playlist jika video-nya banyak, dll deh. hohohoho

Manual
  1. Konversi dolo video-nya ke format .flv, bisa pake banyak software SocuSoft Web Video Player--- ini software bisa buat konversi video + bikin web video-nya, ntar ane jelasin tentang bikin web videonya
  2. Setelah di konversi, silahken juga download file flvplayer.swf(sebenernya ada banyak pilihan tapi untuk kali ini ane pake player ini dulu)
  3. Oke kalo dua file di atas udah di upload ke hosting (jangan lupa video-nya juga di upload ke hosting) sekarang waktunya copas kode buat nampilin video nya.

    Ini kode-nya

  4. <object classid="clsid:d27cdb6e-ae6d-11cf-96b8-444553540000" codebase="http://fpdownload.macromedia.com/pub/shockwave/cabs/flash/swflash.cab#version=7,0,0,0" width="300" height="170" id="fullscreen" align="middle"><param name="allowScriptAccess" value="sameDomain"><param name="movie" value="flvplayer.swf"><param name="quality" value="high"><param name="salign" value="tl"><param name="bgcolor" value="#ffffff"><param name="FlashVars" value="file=FILE_VIDEO_FLV"><embed src="flvplayer.swf" flashvars="file=FILE_VIDEO_FLV" quality="high" salign="tl" bgcolor="#ffffff" width="300" height="170" name="fullscreen" align="middle" allowscriptaccess="sameDomain" type="application/x-shockwave-flash" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer"></embed></object>


  5. Ganti tulisan FILE_VIDEO_FLV dengan alamat file tersebut tersimpan, misal di http://namadomain.com/video/videoku.flv
  6. Yups... selesai deh....
  7. Coba aja insyaAllah berhasil...
Nb: Sebenernya ada banyak cara supaya tampilan video kita lebih aktraktif, tapi sekarang kayanya itu dulu, soalnya lagi tahap percobaan. Ntar kalo sukses ane update lagi.

Pake software...
  1. Dalam hal ini saya menggunakan software SocuSoft Web Video Player, silahken download di sini, jika tertarik untuk mencoba.
  2. Install seperti biasa... setelah diinstall ntar install lagi crack-nya biar full version
  3. Yaa udah sekarang jalankan SocuSoft Web Video Player-nya (jangan pilih yang converter). Silahken diubek-ubek sendiri sesuai kreasi masing-masing.
  4. Klo selesai jangan lupa di publish...
  5. Naah di folder output itu, ntar ada beberapa file dan folder, nahh itu semua silahken diupload ke hosting anda semua.
  6. Trus caranya biar bisa tampil di blogger, silahken ikuti kode berikut:

  7. width="320" height="300" name="tech" align="middle" allowscriptaccess="sameDomain" allowfullscreen="true" type="application/x-shockwave-flash" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer"></embed><br /> </object>

  8. Nah yang saya kasih tanda alamat_file.swf dan alamat_file_.xml itu diganti yaa, sesuai kan dengan yang ada dihosting sampeyan, misalnya http://namadomain.com/video/simple.swf dan satunyahttp://namadomain.com/video/bla.xml (perhatikan extensi file-nya)
  9. Klo sudah, coba tes di blog sampeyan, insyaAllah berhasil.
Silahken di coba sendiri yaa... semoga tutorial ini dapat membantu.
Facebook Comments
0 Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^_^ , Tolong tinggalkan pesan atau komentar agar saya bisa berbenah :) dimohon untuk tidak SPAM dan LIVE LINK di blog saya :)

TERIMAKASIH ^_^