Saturday, March 3, 2012

Main PS 1 Di Komputer/Laptop

hohohoho Sebelum ane pulkam mungkin ada sedikit yang pengen saya tulis, dah lama banget pengen nulis ini tapi kelupaan terus. pisss

Lanjuttt... ini sebenernya dah lama banget dan mohon maaf kalo dah banyak yang udah tau, saya hanya pengen berbagi pengalaman saja. salaman

Entah kenapa beberapa hari yang lalu saya ketemu file images CD dari game Harvest Moon: Back To Nature... aduh jadi inget kenangan masa lalu maen game ini. weee Akhirnya ane ubek-ubek lagi hardisk ane buat nyari emulator PS 1-nya. Dan ketemu akhirnya maen lagi deh.
Oiya emulator untuk PS 1 ini ada banyak lo, nah yang saya pake sejak dulu namanya emulator epsxe. Kalo mau pake silahken download dengan link yang ada di bawah :

http://www.enterupload.com/ec6jagsnpmbw/epsxe170.7z.html

Filenya saya kompress pake 7z silahken di ekstrak dolo. Oiya file di atas udah termasuk plugins dan bios. Jadi sampeyan ndak perlu lagi download-download plugins dan bios-nya. InsyaAllah punya saya ini bisa langsung di pake.

Mungkin yang agak ribet ntuh settingannya biar pas sama PC/Laptop kita, nah biar enak saya coba bikin tutorialnya tapi standart settingan saya. Kalo kebetulan kurang nyaman dipake di PC/Laptop sampeyan, bisa cari plugin-nya, biasanya sih plugin untuk VGA-nya.
  1. Extrak file epsxe170.7z tadi, terserah mau taro dimana... asal jangan di atap rumah aja. hohohoho
  2. Cari file ePSXe.exe yang ada dalam folder tersebut, terus klik dua kali.
  3. Nahh kalo bisa, sekarang kita mulai menyettingnya (kasus di bawah settingan punya saya, bisa saja settingannya berbeda sesuai selera dan kenyamanan anda bermain)

    pertamaxx

    Pilih tab Config trus pilih video
    Pada bagian Select/Config Main Video Plugin, pilih Petes's OpenGL2 Driver 2.7. Setelah dipilih pada bagian bawahnya pilihConfigure. Naahhh ada banyak pilihannya kan. Saya aja pusing sendiri. Wkwkwkwkw hohohoho Akhirnya saya pilih settingan paling cepat, yaitu dengan menekan tombol Nice yang letaknya ada di pojok kiri bawah dekat tombol OK terus pilih fullscreen mode yang letaknya di pojok kiri atas. Klo sudah langsung tekan OK. Hehehehe Setelah itu jangan lupa tekan tombol Test. Klo tulisannya Plugin Working Correctly, berarti settingan dah ok. Jangan lupa tekan ok-nya.


    Please click at picture to enlarge size
    Keduaxxx

    Pilih tab Config --- Sound ---- Trus pilih P.E.Op.S DSoundAudio Driver 1.9, langsung tekan test (gak keluar tulisan kaya video tadi, tapi tenang gak masalah kok, langsung tekan ok aja)... Kalo mau di configure silahken di configure sendiri.

    Please click at picture to enlarge size
    Ketigaxxx

    Config --- Bios ---- Pilih scph1001.bin


    Please click at picture to enlarge size
    Keempaxxxx

    Config --- Gamepad ---- Port 1---- Naahh di sini sampeyan mau pake yang mana, maksud saya mau keyboard jadi pengganti stick PS-nya atau dah punya stick PS-nya (Stick PS yang pake USB, kemaren saya beli di Banjarmasin harganya 55rb nangis 2 stick pake 1 USB getar dua-duanya).

    Mau pake keyboard atau stick yaa tetep di configure dulu hohohoho, settingan saya pada pilihan stick saya pilih [SCPH-1200]DualShock (F5), nyarinya di pojok kanan atas. Naah setelah itu silahken deh di sesuaikan baik dengan stick PS-nya atau dengan keyboard. Cara menyesuaikannya. Sampeyan klik di kotak yang mengarah tombolnya. Misalnya (untuk pake keyboard) untuk tombol bulat sampeyan ikutin arahnya lalu dalam kotak ntuh klik kiri setelah itu baru deh tekan di keyboard misal D. Jadi tombol bulat di gamepad diwakili oleh huruf D di keyboard. Klo pake stick, yaa tinggal tekan aja tombol bulatnya. Hehehehehe

    Karena stick saya getar, maka saya pengen ada getarannya dunk biar manthab, nah sekarang pilih pada bagian Type DX Joy 1, lalu pada Big Motor pilih Constant dan Small Motor juga dipilih constant. Biar nanti getarnya aktif waktu maen game, jangan lupa pas maen tekan F5. Wokeee.

    Oiya... Jangan lupa install dulu driver-nya. Gak diinstall juga gak apa-apa cuman kalo drivernya ndak di install getarnya gak aktif. Sayangkan dah beli stick yang ada getarnya malah gak diaktifkan fiturnya.

    Untuk mengetes getarnya sampeyan bisa cek di control panel pilih Game Controllers (classic view).

    Please click at picture to enlarge size
  4. Sip... Selesai confignya, sekarang siapkan kaset PS-nya, biar gampang dan gak bikin CD/DVD room kita cepat rusak dibikin image CD aja, ada kok softwarenya saya posting dihttp://sulae.blogspot.com/2010/08/free-download-power-iso.html
  5. Saya anggap sampeyan pake image CD aja. Jadi untuk maen gamenya pilih file---run iso. Cari deh file-nya.
  6. Selamat bermain....
Oiya klo mau download game-game yang udah di bikin iso bisa cari di sini, banyak tuh selama inetnya kuat bisa deh nostalgia sama game-game lawas. satu_jempol
Facebook Comments
0 Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^_^ , Tolong tinggalkan pesan atau komentar agar saya bisa berbenah :) dimohon untuk tidak SPAM dan LIVE LINK di blog saya :)

TERIMAKASIH ^_^