Saturday, March 17, 2012

Ciri-Ciri Virus Via Email

VIRUS adalah musuh nomor satu para pengguna komputer hingga saat ini. Virus-virus baru selalu bermunculan dan perkembangannya sangat cepat. Sementara program antivirus Anda mungkin belum punya penangkal untuk menghalau virus terbaru tersebut.
Media penularan virus komputer yang paling populer saat ini adalah email. Setiap virus komputer memiliki ciri-ciri yang berbeda. Namun sebagai langkah untuk berjaga-jaga, berikut beberapa ciri-ciri umum email bervirus.
# Pesan-pesan email yang berisi lampiran file-file dengan ekstension yang rentan virus, seperti .pif, .com, .bat, .vbs, .ini, .scr, .cms, .zip, dan .exe. Anda disarankan untuk tidak mengakses file-file lampiran seperti ini, kecuali jika si pengirimnya sudah Anda kenal baik, dan Anda tahu persis bahwa pengiriman file ini memiliki tujuan yang jelas.
# Pesan-pesan email yang memiliki ciri-ciri yang sama. Misalnya, ada virus yang datang dengan subjek email seperti "very nice game". Tentu aneh jika Anda sering menerima kiriman game yang sama, dengan pesan email yang sama, dari pengirim yang berbeda-beda.
# Email dengan subject yang aneh, dan si pengirimnya tidak Anda kenal. email seperti ini biasanya berisi spam atau virus. Jika menerima email seperti ini, lebih baik langsung dihapus saja.
# Email yang (mengaku) berasal dari perusahaan tertentu, namun si pengirimnya dari sumber lain. Misalnya, Anda mendapat kiriman file yang katanya berisi patch untuk Internet Explorer (IE). Karena IE adalah produk Microsoft, maka seharusnya email seperti ini dikirim oleh Microsoft pula. Kenyataannya, email ini datang dari sumber lain yang tidak jelas. Lucunya, email seperti ini seringkali datang dari alamat email perseorangan.
# Email dari sumber yang seolah-olah resmi. Biasanya ada dua jenis pesan yang terdapat pada email seperti ini, yaitu:
Instruksi untuk mengklik link tertentu. Contohnya, Anda mungkin pernah menerima email dari webmaster@cbn.net.id yang menginstruksikan Anda untuk mengaktifkan account dengan cara meng-klik link tertentu. Ketika diklik, link ini ternyata tidak mengarah ke situs www.cbn.net.id, melainkan ke situs lain yang tidak dikenal.
# Instruksi untuk membuka lampiran file. Contohnya, ketika pernah menerima email dari admin@nama_perusahaan.com yang isinya seperti ini (sudah diterjemahkan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia): "Halo, account Anda di situs X sudah tidak aktif. Untuk mengetahui bagaimana cara mengaktifkannya kembali, silahkan buka file yang terlampir pada email ini." Saran kami, jangan Anda sekali-kali mengikuti saran yang terdapat pada email seperti itu.
# Untuk lebih menjamin keamanan komputer Anda, jangan lupa untuk sering-sering meng-update database virus di program antivirus Anda. Jika tidak, Anda mungkin akan menyesal karena banyak virus baru yang berhasil masuk ke komputer Anda, karena program antivirus Anda tidak mengenali mereka. 
Facebook Comments
0 Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^_^ , Tolong tinggalkan pesan atau komentar agar saya bisa berbenah :) dimohon untuk tidak SPAM dan LIVE LINK di blog saya :)

TERIMAKASIH ^_^